pengertian-pengertian Pemasaran Internasional

PEMASARAN INTERNASIONAL
PENGERTIAN ISTILAH

  • PEMASARAN DOMESTIK

Penerapan konsep, prinsip, aktifitas, dan proses manajemen pemasaran dalam rangka penyaluran ide, barang atau jasa perusahaan kepada konsumen di lingkungan setempat.

  • PEMASARAN INTERNASIONAL

Penerapan konsep, prinsip, aktifitas, dan proses manajemen pemasaran dalam rangka penyaluran ide, barang atau jasa perusaahaan kepada konsumen di berbagai negara

  • PEMASARAN ASING

Kegiatan pemasaran di lingkungan yang berbeda dengan lingkungan asalnya

PEMASARAN INTERNASIONAL
TAHAP PERUSAHAAN DI PASAR DUNIA

  • PERUSAHAAN DOMESTIK

Perusahaan yang memfokuskan orientasi dan strateginya pada pasar, pemasok, dan pesaing domestik

  • PERUSAHAAN INTERNASIONAL

Perusahaan yang melayani pasar domestik de negaranya sendiri dan pasar nasional di negara lain. Orientasi bisnisnya bersifat Etnocenric (Domestik primer, Internasional sekunder)

  • PERUSAHAAN MULTINASIONAL

Perusahaan yang menjual produknya ke banyak negara, yang setiap negara di perlakukan pasar yang berbeda. Orientasi policentic (pasar di negara lian unik – program independen)

  • PERUSAHAAN GLOBAL/TRANSNASIONAL

Perusahaan yang memperlakukan dunia sebagai satu pasar, dasar pemikirannya bahwa pasar dunia bergerak ke arah keseragaman. Orientasi bisnisnya (geocentric)

PEMASARAN INTERNASIONAL
MOTIVASI MASUK PASAR INTERNASIONAL

  • Mendapat akses customer baru
  • Mendapat akses sumber daya baru/lain
  • Membagi resiko bisnis berkat market-base yang lebih luas
  • Mencapai lower cost

PEMASARAN INTERNASIONAL
CARA MEMASUKI PASAR INTERNASIONAL

  • Ekspor

Meliputi ekspor tidak langsung dan ekspor langsung

  • Lisensi

Meliputi: franschise (waralaba), kontrak manajemen, kontrak manufakturing.

  • Joint Venture
  • Investasi Langsung

PEMASARAN INTERNASIONAL
SEGMENTASI PASARAN INTERNASIONAL

  • Mengembangkan taksonomi pasar dunia
  • Mengelompokkan semua negara kedalam kelompok-kelompok  homogen yang memiliki karakteristik sama
  • Menentukan metode yang paling efisien untuk melayani segmen
  • Memilih kelompok yang memiliki kesesuaian tertinggi antara kemampuan perusahaan dengan persyaratan kelompok tersebut
  • Menyesuaikan klasifikasi ideal diatas dengan hambatan dalam pasar dunia (hukum, politik, dsb)

PEMASARAN INTERNASIONAL
KRITERIA SEGMENTASI

LEVEL MAKRO LEVEL MIKRO
Ekonomi Kepribadian
Demografi Karakteristik Budaya
Teknologi Gaya Hidup
Struktur Industri Sikap, selera, atau Kecenderungan
Lokasi geografis
Politik

PEMASARAN INTERNASIONAL
5 STRATEGI ADAPTASI PRODUK DAN KOMUNIKASI

  • Product-communication extension
  • Product extension, communication adaptation
  • Product adaptation, communication extension
  • Dual adaptation
  • Product invention

PEMASARAN INTERNASIONAL
MASALAH SEPUTAR KEBIJAKAN HARGA

  • Dumping (Sporadis, predatori, persisten, unintentional)
  • Transfer Price
  • Price Escalation
  • Grey Market

PEMASARAN INTERNASIONAL
KONSEP 5C (THE BORDERLESS WORLD)

  • CUSTOMER
  • COMPETITION
  • COMPANY
  • CURRENCY
  • COUNTRY
About these ads

~ oleh aspiandi pada Juni 1, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: