Dinamika Kultural, Gaya Manajemen dan Sistem Bisnis

DINAMIKA KULTURAL, GAYA MANAJEMEN & SISTEM BISNIS

Pasar berubah secara konstan mereka tidak statis tetapi berevolusi, berkembang, dan berkontraksi sebagai reaksi terhadap usaha pemasaran. Kondisi ekonomi dan pengaruh kulturalnya

Kultur adalah kumpulan nilai-nilai, ritual, simbol, kepercayaan dan proses berpikir yang dipelajari, dimiliki bersama oleh sekelompok orang dan diturunkan dari generasi ke generasi

Pasar internasional terbaik tidak hanya akan menghargai perbedaan kultural yang berhubungan dengan bisnis mereka, mereka juga memahami asal-usul perbedaan tersebut

Budaya yang mencakup semua elemennya, sangat mempengaruhi gaya manajemen dan seluruh sistem dan bisnisnya

Pengetahuan akan gaya manajemen-yaitu budaya bisnis, nilai-nilai manajemen serta metode dan perilaku bisnis yang ada di satu negara, dan kesediaan untuk mengakomodasi perbedaan-perbedaan tersebut adalah penting untuk keberhasilan dalam pasar internasional

KUNCINYA:

Beradaptasi dengan pasar internasional dan pahami budaya yang berlaku

10 KRITERIA DASAR ADAPTASI

  1. Tolersansi terbuka
  2. Fleksibilitas
  3. Kerendahan hati
  4. Keadilan/Kejujuran
  5. Kemampuan menyesuaikan diri dengan tempo yang beragam
  6. Rasa ingin tahu/minat
  7. Pengetahuan akan negara tersebut
  8. Rasa suka terhadap orang lain
  9. Kemampuan untuk mempunyai rasa hormat
  10. Kemampuan untuk menyatukan diri dengan lingkungan

BEDA BUDAYA BEDA PANDANGAN
Memberikan hadiah di negara lain memerlukan perhatian cermat jika ingin dilakukan secara pantas. Berikut ini beberapa sarannya

Jepang

  • Jangan membuka hadiah di depan seorang rekan Jepang kecuali diminta melakukannya, dan jangan mengharapkan orang Jepang tersebut membuka hadiah anda
  • Hindari menggunakan pita dan ikatan pita sebagai bagian dari bungkus hadiah. Ikatan-ikatan yang seperti kita kenal dianggap tidak menarik dan warna pita dapat mempunyai arti yang berbeda
  • Selalu berikan hadiah tersebut denga kedua tangan

Eropa

  • Hindari mawar merah dan bunga putih, bahkan angka dan angka 13
  • Jangan membungkus bunga dengan kertas
  • Jangan mengambil resiko terkesan memberikan suap dengan menghabiskan terlalu banyak uang pada hadiah

China

  • Jangan pernah membuat perdebatan mengenai pemberian hadiah baik secara publik maupun secara pribadi. Tetapi sampaikan hadiah selalu dengan kedua tangan
  • Hadiah harus diberikan secara pribadi, kecuali pemberian hadiah seremonial kolektif pada perjamuan makan atau setelah pidato

BEDA DUNIA BEDA PANDANGAN

Dunia Arab

  • Jangan memberi hadiah ketika anda pertama kali bertemu seseorang. Hal ini dapat diinterpretasikan sebagai penyuapan
  • Jangan membuatnya tampak seperti anda merencanakan untuk memberikan hadiah tersebut ketika penerima sedang sendiri, hal ini akan terlihat buruk, kecuali anda mengenal orang tersebut dengan baik, berikan hadiah tersebut didepan orang lain dalam hubungan yang kurang bersifat pribadi

Amerika Latin

  • Jangan memberikan hadiah hinggan hubungan yang bersifat pribadi telah terjalin, kecuali hadiah tersebut diberikan untuk mengekspresikan penghargaan atas keramahtamahan
  • Hadiah harus diberikan dalam pertemuan sosial, bukan dalam suasana bisnis
  • Hindari warna hitam dan ungu, keduanya diasosiasikan dengan masa 40 hari menjelang paskah dalam Katolik Roma

Amerika

  • Hadiah yang terkesan sok pamer dapat menimbulkan masalah besar

Waktu Dalam Berbagai Budaya

Waktu adalah sesuatu yang kultural, subjektif dan variabel. Salah satu penyebab yang paling serius dari frustasi dan perselisihan dalam hubungan bisnis lintas budaya muncul ketika rekan bisnis tidak sinkron satu sama lain perbedaan sering muncul sehubungan dengan kecepatan waktu, sifat dasar yang dirasa, dan fungsinya.

ž  Waktu adalah uang – Amerika Serikat

ž  Mereka yang terburu-buru tiba terlebih dahulu dikuburan – Spanyol

ž  Jam tidak menciptakan manusia – Nigeria

ž  Jika kau menunggu cukup lama, sebutir telur bahkan bisa berjalan – Ethiopia

ž  Sebelim saatnya tiba, belum waktunya; setelah saatnya tiba, sudah terlambat – Perancis

Gaya Manajemen Berbeda di Seluruh Dunia

Beberapa budaya tampaknya menekankan pentingnya informasi dan kompetisi, sementara budaya yang lain lebih fokus pada hubungan dan pengurangan biaya transaksi.

Para pengusaha yang bekerja dinegara lain harus peka terhadap lingkungan bisnis, dan harus bersedia untuk menyesuaikan diri bila perlu.

Adaptasi terkadang berhasil,

Terkadang bisa merugikan bahkan membahayakan

Memahami budaya yang akan anda masuki

Merupakan satu-satunya dasar yang paling baik

Untuk perencanaan

~ oleh aspiandi pada Juni 1, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: